kursus cpns terbaik online 2021

5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Pendaftaran CPNS 2021

Menjadi pegawai negeri sipil merupakan salah satu impian bagi banyak orang. Itulah kenapa orang-orang yang mengimpikannya berusaha mati-matian agar lolos pendaftaran CPNS 2021. Mulai dari mengikuti bimbingan belajar khusus CPNS, latihan menjawab soal, mencari relasi, dan lainnya.

Apakah hanya sebatas itu saja? Anda juga perlu mengetahui segala hal terkait pendaftaran CPNS 2021. Mulai dari formasi yang tersedia, syarat dan ketentuan umum, persiapan dokumen dan file lainnya, dan alur pelaksanaannya.

Formasi yang Tersedia pada Pendaftaran CPNS 2021

Dalam pelaksanaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara, pemerintah membuka sebanyak 272.000 formasi untuk PPPK dan CPNS. Rinciannya adalah sebanyak 83.000 formasi ditempatkan untuk lembaga dan kementerian (pemerintah pusat). Sebanyak 189.000 formasi ditempatkan untuk pemerintahan daerah seperti kabupaten, kota, dan provinsi.

Dilaporkan bahwa pemerintah menambah formasi sebanyak 1 juta untuk PPPK Guru. Sehingga, formasi pendaftaran CPNS 2021 berjumlah sebanyak 1.272.000 formasi. Formasi tersebut dibagi ke dalam tiga kategori yaitu pemerintahan kabupaten/kota, pemerintahan provinsi, dan pemerintahan pusat. Ketiga formasi tersebut terbuka bagi lulusan, S2, S1, dan SMA.

Formasi Pemerintahan Kabupaten/Kota

Formasi ini terdiri atas:

  • Jabatan guru seperti guru kelas, guru bimbingan konseling, dan guru pendidikan jasmani.
  • Jabatan tenaga kesehatan seperti dokter, bidan, dan perawat.
  • Jabatan teknis seperti auditor, penyuluh pertanian, dan pengelola pengadaan barang atau jasa.

Formasi Pemerintahan Provinsi

Formasi ini terdiri atas:

  • Jabatan guru seperti guru matematika, guru bimbingan konseling, serta guru teknologi informasi dan komputer.
  • Jabatan tenaga kesehatan seperti asisten apoteker, perawat, dan dokter.
  • Jabatan teknis seperti pengawas benih tanaman, pranata Komputer, dan polisi kehutanan.

Formasi Pemerintahan Pusat

Formasi ini terdiri atas penjaga tahanan, analis perkara peradilan dan pemeriksaan, penyuluh keluarga berencana, dan jabatan dosen.

Photo by Skitterphoto from Pexels

Syarat dan Ketentuan Umum Pendaftaran CPNS 2021

Setelah mengetahui formasi pendaftaran CPNS 2021, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mengetahui apa saja syarat dann ketentuan umum pendaftaran CPNS 2021. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Berkewarganegaraan Indonesia (WNI)
  • Rentang usia 18 – 35 tahun ketika mendaftar (untuk info lebih lanjut, silakan klik link https://sscasn.bkn.go.id.
  • Tidak pernah terjerat kasus hukum.
  • Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai swasta atau pegawai negeri sipil.
  • Bukan anggota CPNS, PNS, kepolisian, atau TNI.
  • Bukan merupakan siswa sekolah ikatan dinas.
  • Bukan merupakan anggota partai.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Memenuhi kualifikasi pendidikan berdasarkan formasi yang dilamar.
  • Bersedia ditempatkan di mana saja, di seluruh wilayah negara Indonesia.
  • Mengikuti persyaratan lainnya sesuai dengan ketentuan yang telah itentukan oleh formasi terkait.

Persiapan Dokumen pada Pendaftaran CPNS 2021

Untuk memenuhi persyaratan umum, pelamar CPNS harus menyertakan dokumen pendukung. Berikut adalah dokumen yang harus dilengkapi ketika melakukan pendaftaran CPNS 2021.

  • Melampirkan pasfoto dengan latar belakang berwarna merah dalam format .jpg/jpeg dengan ukuran file maksimal sebesar 200 Kb.
  • Melampirkan swafoto dalam format .jpg/jpeg dengan ukuran file maksimal sebesar 200 Kb.
  • Melampirkan KTP dalam format .jpg/jpeg dengan ukuran file maksimal sebesar 200 Kb.
  • Melampirkan surat lamaran dalam format .pdf dengan ukuran file maksimal sebesar 300 Kb.
  • Melampirkan Ijazah + STR/Serdik dalam format .pdf dengan ukuran file maksimal sebesar 800 Kb.
  • Melampirkan Transkrip Nilai dalam format .pdf dengan ukuran file maksimal sebesar 500 Kb.
  • Melampirkan dokumen pendukung lainnya dalam format .pdf dengan ukuran file maksimal sebesar 800 Kb.

Semua file di atas dilampirkan dalam hasil pemindaian hardcopy ke softcopy dalam ukuran yang telah ditentukan.

Ujian CPNS

Alur Pelaksanaan Pendaftaran CPNS 2021

Ketika sudah menyiapkan semua file yang dibutuhkan untuk pendaftaran CPNS 2021, langkah selanjutnya adalah mengikuti alur pelaksanaan pendaftarannya. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti oleh pelamar.

  1. Membuat Akun

Membuat akun adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk mendaftarkan diri dalam mengikuti seleksi CPNS. Buka portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id untuk membuat akun. Setelah itu, lengkapi data diri dan tambahkan swafoto dengan masuk ke akun kembali.

2. Mendaftar Formasi

Untuk mendaftar formasi, pilih jenis seleksi. Setelah itu, pilihlah formasi yang akan dituju. Lalu, unggahlah dokumen dan cek resume secara seksama. Akhiri pendaftaran dengan mencetak kartu informasi pendaftaran akun CPNS 2021 tersebut.

3. Seleksi Administrasi

Setelah semua data sudah dilengkapi dengan benar, panitia akan memverikasi semua data tersebut. Setelah itu, panitia akan mengumumkan hasil seleksi pada waktu yang telah ditentukan. Jika pelamar dinyatakan tidak lulus, mereka dapat mengajukan sanggah. Jika pelamar telah dinyatakan lulus, langkah selanjutnya adalah mencetak kartu ujian.

4. Mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar dan Kompetensi Bidang yang dilamar. Jika dinyatakan lulus, peserta dapat melanjutkan ujian ke tahap selanjutnya.

5. Mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang yang dilamar.

6. Pengumuman kelulusan akan diumumkan berdasarkan hasil integrasi Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Peserta yang dinyatakan lulus akan diminta untuk pemberkasan.

Cek Kembali!

Setelah melakukan pendaftaran CPNS 2021, pastikan tidak ada satu pun poin yang terlewatkan. Cek satu persatu dengan melihat kelengkapan data, keaslian dokumen, dan pastikan koneksi internet Anda lancar.

  1. Kelengkapan Data

Ketika memasukkan data, pastikan dokumen yang diunggah semuanya adalah benar. Jangan sampai terdapat kesalahan pengejaan, penomoran, tanggal, dan instansi yang dipilih.

Ketika Anda memilih “Akhiri Pendaftaran”, maka Anda sama sekali tidak dapat memperbaikinya. Apabila Anda dinyatakan lulus, data tersebut masih bisa diperbaiki ketika pemberkasan dan penetapan NIP.

2. Keaslian Dokumen

Seluruh alur pendaftaran CPNS 2021 dilakukan secara daring melalui situs yang telah ditentukan. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati ketika memasukkan dokumen. Pastikan keaslian dokumen dan ukuran dokumen harus sesuai dengan yang telah ditentukan.

3. Koneksi Internet

Sebagai penunjang Anda, pastikan koneksi internet berjalan dengan lancar. Pilih internet provider yang memiliki speed stabil. Jika diperlukan, hapus semua riwayat pencarian, cache, dan lainnya.

Nah, itulah lima hal yang harus diperhatikan dalam pendaftaran CPNS 2021. Ikuti alurnya secara benar dan cek kembali. Pastikan semua data yang dikirim adalah benar sesuai dengan ukuran file yang telah ditentukan.

1 thought on “5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Pendaftaran CPNS 2021”

Leave a Comment

Tim bimbel-cpns.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan bimbel CPNS Anda kepada tim kami.