Ketentuan & Syarat Daftar BUMN, Simak Artikel Berikut!

Halo sahabat bimbel CPNS!

 

Apa Saja Ketentuan & Syarat Daftar BUMN? Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah entitas bisnis yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia, yang memiliki peran penting dalam menggerakkan perekonomian negara dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dalam ranahnya, BUMN menawarkan berbagai kesempatan karir bagi para profesional yang berbakat dan berpotensi untuk bergabung dan berkontribusi di berbagai sektor ekonomi.

Baca juga: bimbel sbmptn

Apa Itu Rekrutmen BUMN?

Apa Saja Ketentuan & Syarat Daftar BUMN? Simak Artikel Berikut!

Sumber: Freepik

Apa Saja Ketentuan & Syarat Daftar BUMN? Rekrutmen BUMN adalah proses seleksi dan penerimaan calon karyawan yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang berada di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara. Proses ini dilakukan secara periodik untuk mengisi posisi-posisi strategis dan teknis yang diperlukan dalam menjalankan berbagai kegiatan operasional perusahaan BUMN.

Baca juga:  bimbel utbk 

 

Syarat Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN

Apa Saja Ketentuan & Syarat Daftar BUMN? Simak Artikel Berikut!

Sumber: Freepik

Apa Saja Ketentuan & Syarat Daftar BUMN? Untuk dapat mendaftar pada rekrutmen bersama BUMN, para calon pelamar harus memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditetapkan oleh masing-masing perusahaan BUMN. Secara umum, syarat-syarat tersebut meliputi:

1. Kualifikasi Pendidikan

Calon pelamar harus memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan posisi yang dilamar, mulai dari lulusan SMA/SMK hingga sarjana atau lebih tinggi.
Pengalaman Kerja: Beberapa posisi mungkin membutuhkan pengalaman kerja yang relevan dalam bidang tertentu.

2. Keterampilan dan Kompetensi

Calon pelamar diharapkan memiliki keterampilan dan kompetensi yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang dilamar.

3. Kesehatan Jasmani dan Rohani

Sebagian besar perusahaan besar BUMN mengharuskan calon pelamar untuk menjalani pemeriksaan kesehatan fisik dan rohani untuk memastikan kesesuaian dengan tuntutan pekerjaan.

 

Dokumen yang Harus Dipersiapkan

Selain memenuhi syarat-syarat tersebut, calon pelamar juga diharuskan menyiapkan sejumlah dokumen yang diperlukan, antara lain:

1. Daftar Riwayat Hidup (CV)

Dokumen yang memuat riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan informasi pribadi lainnya.

2. Nilai Transkrip: Salinan nilai transkrip dari pendidikan terakhir yang telah diselesaikan.

3. Sertifikat dan Dokumen Pendukung: Sertifikat pelatihan, sertifikat keahlian, dan dokumen pendukung lainnya yang relevan dengan posisi yang dilamar.

4. Kartu Identitas: Fotokopi kartu identitas yang masih berlaku.

Baca juga: les privat 

Ketentuan Rekrutmen BUMN

Apa Saja Ketentuan & Syarat Daftar BUMN? Simak Artikel Berikut!

Sumber: Freepik

Pada rekrutmen tahun lalu, ada sebanyak 120 instansi BUMN dan 2.000 lebih lowongan yang tersedia. Persyaratan yang perlu dipenuhi oleh pelamar Rekrutmen Bersama BUMN, yaitu:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia maksimal per 11 Mei 2023 mengikuti jenjang pendidikan sebagai berikut: SMA/Sederajat: 25 tahun Diploma III: 27 tahun S1/Diploma IV: 30 tahun S2: 35 tahun
  3. Nilai IPK minimal 3,00 (skala 4,00) untuk D-III/D-IV/S-1 dan minimal 3,25 (skala 4,00) untuk S2
  4. Nilai Rata-rata Ujian Sekolah minimal 75 (skala 100) untuk lulusan SMA
  5. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
  6. Jenis kelamin menyesuaikan kebutuhan posisi masing-masing BUMN.
  7. Sehat Fisik, rohani dan bebas narkoba.
  8. Dokumen SKCK dari Kepolisian (Jika Ada).
  9. Sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja jika ada.
  10. Rekomendasi Komunitas (berprestasi di Bidang Olahraga/Seni/Kreator Digital/Start Up) jika ada.

 

Tata cara mendaftar Rekrutmen BUMN 2024

Berikut adalah tata cara mendaftar rekrutmen BUMN 2024

  1. Pelamar hanya dapat melamar melalui situs web https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id dengan mengikuti petunjuk pendaftaran. Tidak ada jalur lain yang digunakan untuk pengiriman lamaran.
  2. Pelamar wajib memiliki alamat email pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi. Pelamar dilarang menggunakan alamat email milik orang lain/kantor dalam proses pendaftaran.
  3. Tidak ada layanan untuk perubahan/koreksi seluruh data-data serta dokumen yang telah dikirim oleh pelamar.
  4. Dokumen yang perlu disiapkan untuk mempermudah membuat akun dan mendaftar seleksi. Foto Profil (Wajib) KTP (Wajib) Ijazah/Surat Keterangan Lulus (Wajib) Transkrip Nilai/ Nilai Ujian Sekolah (Wajib) SKCK (Jika Ada) Dokumen lainnya seperti Sertifikat Pelatihan, Bahasa Inggris, dan lain-lain (Jika Ada) Surat Rekomendasi .

Template surat rekomendasi pernah bekerja hanya sebagai referensi (Jika Ada), bisa Anda download di situs Rekrutmen Bersama BUMN Perlu diketahui bahwa setiap dokumen yang terdiri lebih dari 1 (seperti ijazah untuk 2 pendidikan), wajib untuk disatukan dalam 1 file dokumen.

Baca juga: les privat jakarta 

Tips menghadapi tes BUMN

Sumber: Freepik

Tes seleksi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) seringkali menjadi tantangan yang kompleks bagi para pelamar. Persaingan yang ketat dan proses seleksi yang ketat menjadikan persiapan yang matang menjadi kunci kesuksesan.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menghadapi ujian BUMN dengan percaya diri dan berhasil:

1. Lengkapi Persyaratan dengan Teliti

Sebelum mengikuti tes, pastikan untuk melengkapi semua persyaratan dengan benar. Ini termasuk mengisi formulir pendaftaran dengan tepat, melampirkan dokumen-dokumen yang diminta, dan menyusun daftar riwayat hidup (CV) secara rinci dan akurat.

2. Siapkan Diri untuk Menyiapkan Tes

Tes BUMN sering melibatkan beberapa tahap , mulai dari tes tulis, wawancara, hingga assessment center. Persiapkan diri Anda dengan baik untuk setiap tahap tes tersebut. Lakukan latihan soal-soal yang relevan dan perkuat kemampuan interpersonal Anda untuk wawancara dan aktivitas di assessment center.

3. Cari Informasi tentang Perusahaan dan Posisi yang Dilamar

Ketahui dengan baik latar belakang perusahaan BUMN yang Anda lamar serta detail posisi yang Anda incar. Pahami misi, visi, dan nilai-nilai perusahaan, serta tuntutan pekerjaan yang diinginkan oleh perusahaan untuk posisi tersebut.

4. Jaga Kesehatan dan Kondisi Fisik

Kesehatan yang baik sangat penting untuk memberikan kinerja terbaik Anda selama tes. Pastikan untuk tidur yang cukup, makan makanan bergizi, dan tetap aktif secara fisik. Jaga juga kesehatan mental Anda dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan dan mengurangi stres.

5. Diskusikan Pilihan dengan Orang Tua atau Keluarga

Membicarakan pilihan untuk bekerja di BUMN dengan orang tua atau keluarga dapat memberikan pandangan tambahan dan dukungan moral bagi Anda. Mereka bisa memberikan saran berharga atau membagikan pengalaman mereka yang mungkin bermanfaat bagi Anda.

6. Berdoa dan Memohon Bantuan Tuhan

Sebelum menghadapi ujian, luangkan waktu untuk berdoa dan memohon bantuan Tuhan. Berikan yang terbaik dari diri Anda dan percayakan hasilnya kepada-Nya.

Hal yang Perlu Dihindari Selama Tes BUMN

Selain persiapan yang perlu dilakukan, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari selama proses tes BUMN:

1. Kecurangan

Kecurangan akan merugikan Anda secara jangka panjang. Hindari segala bentuk tindakan tidak jujur ​​​​menyontek atau melakukan curang dalam setiap tahap tes.

2. Penggunaan Lebih dari Satu Perangkat

Selama tes online , pastikan untuk hanya menggunakan satu perangkat sesuai instruksi yang diberikan. Menggunakan lebih dari satu perangkat dapat dianggap sebagai tindakan curang.

3. Membuka Window/Tab Lain Selama Tes

Jangan membuka jendela atau tab lain di perangkat Anda selama tes berlangsung. Hal ini dapat dianggap sebagai tindakan yang merugikan dan dapat menyebabkan diskualifikasi.

4. Menggunakan Alat Bantu Hitung atau Referensi Tidak Diperbolehkan

Pastikan untuk tidak menggunakan alat bantu hitung atau referensi lainnya kecuali yang dalam proses tes. Penggunaan alat bantu hitung tanpa izin dapat mengakibatkan diskualifikasi.

 

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon   (021) 77844897   atau kamu juga bisa menghubungi kami melalui   0896-2852-2526  . Klik   www.bimbel-cpns.id   untuk mendapatkan informasi lebih lanjut

Sampai ketemu di Bimbel CPNS

Referensi :

1. Liputan6.com

2. Tribunnews.com

Leave a Comment

Tim bimbel-cpns.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan bimbel CPNS Anda kepada tim kami.