Prediksi Paket 02 CAT CPNS 2021/2022 (Tes Wawasan Kebangsaan), Soal & Pembahasan

Halo sahabat Bimbel CPNS!

Prediksi Paket 02 CAT CPNS tes wawasan kebangsaan adalah bagian penting dari evaluasi pengetahuan dan pemahaman seseorang terhadap aspek kebangsaan, sejarah, dan budaya suatu negara. Dalam proses penerimaan masuk perguruan tinggi atau seleksi pekerjaan, tes ini seringkali menjadi batu ujian bagi para peserta.

Artikel ini akan membahas beberapa tipe soal tes wawasan kebangsaan yang sering dianggap sulit dan memberikan wawasan tentang cara mengatasi tantangan tersebut.

Baca juga: bimbel sbmptn 

 

Tipe tes wawasan kebangsaan yang sulit

Prediksi Paket 02 CAT CPNS 2021/2022 (Tes Wawasan Kebangsaan), Soal & Pembahasan
Prediksi Paket 02 CAT CPNS 2021/2022 (Tes Wawasan Kebangsaan), Soal & Pembahasan

Sumber: Freepik

Untuk bisa menyelesaikan soal Prediksi Paket 02 CAT CPNS dengan baik, kamu perlu mengetahui tipe-tipe tes wawasan kebangsaan yang sulit:

1. Soal Analisis Sejarah

Soal ini mengharuskan peserta untuk tidak hanya mengingat fakta-fakta sejarah, tetapi juga mampu menganalisis, menyusun, dan mengevaluasi informasi secara kritis. Contoh soal melibatkan pemahaman kronologi sejarah, dampak peristiwa terhadap perkembangan suatu bangsa, dan kemampuan peserta untuk merangkai hubungan sebab-akibat.

2. Soal Budaya dan Kebiasaan Lokal

Tes wawasan kebangsaan juga sering menguji pemahaman peserta terhadap berbagai budaya dan kebiasaan lokal. Soal-soal ini mungkin mencakup tradisi, adat istiadat, seni, dan nilai-nilai budaya yang menjadi bagian penting dari identitas suatu bangsa.

 

3. Soal Kontemporer dan Kebijakan Pemerintah

Tantangan lain dalam tes wawasan kebangsaan adalah adanya soal-soal yang menuntut pemahaman terhadap kebijakan pemerintah, isu-isu kontemporer, dan perkembangan politik terbaru.

Baca juga: bimbel utbk 

Tips mengatasi tipe soal yang sulit

Prediksi Paket 02 CAT CPNS 2021/2022 (Tes Wawasan Kebangsaan), Soal & Pembahasan

Sumber: Freepik

Simak juga tips mengatasi tipe soal Prediksi Paket 02 CAT CPNS yang sulit dengan langkah berikut:

1. rajin membaca

Persiapkan diri dengan rajin membaca buku-buku sejarah dan artikel terkini, serta diskusikan berbagai perspektif terhadap suatu peristiwa. Pelajari konsep-konsep sejarah secara mendalam untuk membangun kemampuan analisis kritis.

 

2. Pelajari kebudayaan

Eksplorasi dan pelajari berbagai aspek budaya lokal. Ikuti kegiatan-kegiatan budaya, baca literatur lokal, dan cari informasi tentang seni tradisional. Mempelajari keberagaman budaya akan membantu mempersiapkan diri menghadapi soal-soal ini.

 

3. Rajin membaca & mendengarkan berita

Rajin membaca berita dan memantau perkembangan politik serta kebijakan pemerintah. Ikuti perkembangan terkini melalui media massa, jaringan sosial, dan sumber berita terpercaya. Diskusikan isu-isu ini dengan orang-orang yang memiliki wawasan yang lebih luas.

Baca juga: les privat 

 

Soal Prediksi Paket 02 CAT CPNS

Prediksi Paket 02 CAT CPNS 2021/2022 (Tes Wawasan Kebangsaan), Soal & Pembahasan

Sumber: Freepik

Simak latihan soal Prediksi Paket 02 CAT CPNS  berikut:

 

1. Indonesia merupakan negara kesatuan dengan sistem desentralisasi, di mana ada pemberian hak otonomi kepada Pemberian hak otonomi kepada daerah diikuti dengan batasanbatasan agar ….

A. pemerintah pusat mudah dalam penyerahan urusan

B. dapat menjalankan urusan pemerintah pusat

C. daerah mendapatkan pelimpahan wewenang

D. dapat menjalankan tugas pembantuan

E. tidak timbul separatism

 

2. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara majemuk. Kemajemukan tersebut diwujudkan dalam ….

A. Proklamasi

B. Sumpah Pemuda

C. Paham lntegralistik

D. Sistem Desentralisasi

E. Semboyan Bhinneka Tunggal lka

 

3. Teori yang menyebutkan bahwa suatu negara tidak mengutamakan kepentingan individu dan golongan, tetapi lebih menguatamakan kepentingan seluruh rakyat adalah ….

A. liberalisme

B. sosialisme

C. integralistik

D. komunisme

E. individualisme

 

4. Budaya gotong royong masih lekat di lingkungan perdesaan. Contohnya, jika ada tetangga yang terkena musibah masyarakat segera datang membantu. Berbeda dengan kehidupan di perkotaan, meskipun bertetangga antarrumah yang satu dan lainnya tidak saling bertegur sapa, mereka sibuk dengan urusan masing-masing. Fenomena tersebut merupakan pengaruh modernisasi pada aspek ….

A. politik

B. sosial

C. hukum

D. ekonomi

E. pertahanan

 

5. Aksi pencurian yang terjadi di pasar dan pusat-pusat perbelanjaan lainnya menunjukkan semakin tingginya tingkat kriminalitas. Hal ini merupakan efek lanjutan dari dampak negative globalisasi di bidang ekonomi yaitu…

A. meningkatnya pengangguran

B. kesenjangan sosial

C. munculnya sikap individual

D. menurunnya tingkat Kesehatan

E. memudarnya semangat gotongroyong

 

6. Salah satu contoh pemanfaatan kemajuan IPTEK dalam bidang hukum adalah …
A. masyarakat mendapatkan ruang dalam mengawasi kebijakan pemerintah

B. media sosial sebagai sarana penyalur aspirasi

C. pemantauan harga saham melalui internet

D. penggunaan CCTV oleh apparat kepolisian dalam olah TKP

E. media pembelajaran melalui layanan online

 

Baca juga: les privat jakarta 

7. Jika Anda sedang mengantri, kemudian ada orang d i belakangAnda menyerobot antrian, maka ….

A. Saya diam saja

B. jika orang tersebut terlihat kasar dan berbadan besar, maka lebih baik diam demi keamanan saya sendiri

C. Saya menegurnya

D. Saya menggerutu

E. Saya pura-pura cuek

 

8. Menurut Anda pekerjaan yang bertanggungjawab dan mempunyai integritas adalah orang yang ….

A. Bekerja dengan penuh kehatihatian, teliti, tetapi juga tepat waktu (akurasi kerja)

B. Menyelesaikan tugas dengan cepat

C. Bekerja sesuai dengan tata aturan yang berlaku

D. Mengacu pada perintah atasan

E. Bekerja berdasar pada skala prioritas dan tuntutan kondisi sesaat

 

9. Salah satu jenis perbuatan yang tidak menunjukkan adanya integritas adalah dengan menyalahgunakan kepercayaan yang telah dimiliki untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Perbuatan ini disebut dengan ….

A. terorisme

B. sabotase

C. nepotisme

D. kolusi

E. korupsi

 

10. Anda diminta oleh pimpinan untuk menyimpan data hasil seleksi penerimaan pegawai baru. Kebetulan saudara Anda salah satu pelamar dan menanyakan hasil seleksinya kepada Anda. Apa yang akan Anda lakukan …

A. memberitahu hasilnyadengan syarat dia tidak akan membocorkannya kepada orang lain
B. tidak memberitahukan hasilnya karena tahu bahwa dia tidak diterima dan khawatir membuatnya kecewa
C. tidak memberitahukan hasilnya karena ini merupakan rahasia yang harus dijaga
D. meminta kepada saudara untuk bersabar menunggu waktu pengumuman tiba
E. mengatakan bahwa Anda bukanlah orang yang menyimpan data hasil pemunguman tersebut

 

Pembahasan Prediksi Paket 02 CAT CPNS

Prediksi Paket 02 CAT CPNS 2021/2022 (Tes Wawasan Kebangsaan), Soal & Pembahasan

Sumber: Freepik

Simak pembahasan Prediksi Paket 02 CAT CPNS  di bawah ini:

 

1. Pemberian hak otonomi kepada daerah dari pemerintah pusat tidak berarti daerah tersebut terlepas ikatannya dengan pemerintah pusat. Hal ini karena pemberian hak otonomi diikuti dengan batasan-batasan, baik berfungsi sebagai sarana pengendali maupun sarana kontrol agar daerah tidak berkembang ke arah timbulnya separatisme.
jawaban: E

2. Sejak awal berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia, kebhinnekaan merupakan kekayaan Negara Indonesia yang harus diakui, diterima, dan dihormati. Kemajemukan tersebut kemudian diwujudkan dalam semboyan Bhinneka Tunggal lka.
jawaban: E

3. Teori integralistik pernah dikemukakan oleh Prof. Mr. Soepomo pada sidang BPUPKI 31 Mei 1945. Beliau menganggap bahwa teori integral istik paling cocok untuk masyarakat Hal ini berarti negara yang akan dibentuk tidak mementingkan kepentingan, baik individu maupun golongan tertentu, tetapi lebih mementingkan seluruh rakyat.
jawaban: C

4. Modernisasi dibawa oleh kemajuan Kehidupan serba modern membuat pekerjaan manusia semakin mudah. Semua dilakukan dengan mesin sehingga seakan-akan tidak membutuhkan bantuan orang lain. lmbasnya, terbentuk kehidupan individualis atau kurangnya kepekaan sosial. Contohnya, kehidupan di perkotaan yang cenderung individualis atau kurang sosialisasi.
jawaban: B

5. Aksi pencurian menunjukkan tingkat kesejahteraan yang rendah . Salah satu penyebabnya adalah masalah ekonomi, yaitu semakin tingginya tingkat pengangguran. Akibatnya, beberapa kebutuhan pokok tidak dapat terpenuhi. Akhirnya mereka menggunakan berbagai cara untuk memenuhi kebutuhan. pokoknya, termasuk dengan cara yang bertentangan dengan hukum.

jawaban: A

6. Pilihan A dan B merupakan pemanfaatan IPTEK di bidang politik, pilihan C di bidang ekonomi, dan pilihan E pada bidang sosial budaya. Pemanfaatan kemajuan IPTEK dalam bidang hukum salah satunya adalah penggunaan CCTV oleh aparat kepolisian dalam olah TKP.

jawaban: D

7. Ciri masyarakat madani adalah terciptanya ketertiban di dalam Salah satu contohnya adalah pada saat menunggu antrian. Jika ada orang lain yang menyerobot antrian artinya dia telah mengabaikan hak orang lain di depannya dan dapat memicu keributan. Maka, Anda perlu menegurnya agar orang tersebut tetap menunggu antrian dengan tertib.

jawaban: C

8. lntegritas adalah suatu konsep berkaitan dengan konsistensi dalam tindakan-tindakan, nilai-nilai, metodemetode, ukuran-ukuran, pnnslpprinsip, ekspektasi-ekspektasi dan
berbagai hal yang dihasilkan. Orang yang berintegritas berarti memiliki kemampuan untuk komitmen dan patuh terhadap peraturan yang berlaku.

jawaban: C 

9. Korupsi adalah tindakan seseorang yang menydldhgunakan kepercayaan dalam suatu masalah atau organisasi untuk mendapatkan keuntungan.

jawaban: E

10. Tetap merahasiakannya menunjukkan Anda memiliki integritas. lntegritas lahir dari keinginan diri untuk bertindak sesuai dengan peraturan yang ada, bukan berdasarkan perasaan dan pengaruh dari orang lain.

jawaban: C

 

Jangan lupakan pentingnya keterampilan komunikasi dan wawasan sosial. Latihan wawancara dan berkomunikasi dengan orang lain dapat membantumu meningkatkan kemampuan dalam asesmen wawancara.

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 0896-2852-2526. Ate klik www.bimbel-cpns.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut

Sampai ketemu di Bimbel CPNS

Referensi :

  1. tribunnews.com
  2. infoasn.com

 

Leave a Comment

Tim bimbel-cpns.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan bimbel CPNS Anda kepada tim kami.