Soal – soal Test TWK CPNS 2023 Terlengkap, Beserta Pembahasannya

Hallo Sahabat CPNS!

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) adalah suatu bentuk evaluasi yang memiliki tujuan untuk mengukur pengetahuan, pemahaman, dan kesetiaan seseorang terhadap negara dan bangsanya. Soal – soal Test TWK CPNS 2023 ini biasanya diperlukan dalam berbagai konteks, termasuk penerimaan calon pegawai negeri, pelamar pekerjaan di sektor publik, serta dalam pendidikan formal di tingkat tertentu.

Tes Wawasan Kebangsaan berfungsi sebagai alat untuk mengukur tingkat kedewasaan berpikir kritis, pemahaman terhadap sejarah, politik, budaya, dan nilai-nilai nasional suatu negara.

baca juga : biaya les calistung

Tujuan dan Manfaat Tes Wawasan Kebangsaan

les cpns online, bimbel cpns jakarta, les cpns, intensif cpns, bimbel cpns, les cpns jakarta, bimbel online cpns terbaik, bimbingan cpns, bimbel cpns online, bimbel online cpns, bimbel cpns terbaik
Sumber : Freepik

1.     Menilai Kecintaan dan Kesetiaan terhadap Negara

Soal – soal Test TWK CPNS 2023 Ini membantu mengidentifikasi sejauh mana seseorang memiliki rasa cinta, kesetiaan, dan penghargaan terhadap negara dan bangsanya. Kemampuan untuk memahami dan menghormati simbol-simbol nasional, lambang, dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi merupakan aspek penting dari kebangsaan.

2.     Mengukur Pemahaman Sejarah dan Kultur

Soal – soal Test TWK CPNS 2023 juga digunakan untuk menilai pemahaman individu terhadap sejarah, budaya, dan perkembangan sosial suatu negara. Ini membantu memastikan bahwa warga negara memiliki pengetahuan yang memadai tentang akar-akar budaya dan peristiwa bersejarah yang membentuk identitas nasional.

3.     Mendukung Pendidikan Warga Negara

Pendidikan warga negara adalah suatu proses penting untuk membentuk generasi yang sadar akan hak dan kewajiban mereka dalam masyarakat. Soal – soal Test TWK CPNS 2023 dapat berkontribusi dalam memastikan bahwa siswa atau pelajar memiliki pemahaman yang memadai tentang sistem politik, tata nilai, serta tanggung jawab sebagai warga negara.

baca juga : biaya les sd per bulan

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Pertanyaan 1: Apa yang dimaksud dengan Pancasila sebagai dasar negara?

a) Lima prinsip moral yang menjadi pedoman bagi warga negara b) Lima kunci sukses dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

c) Lima dasar hukum yang mengatur kehidupan bermasyarakat

d) Lima panduan dalam berinteraksi dengan masyarakat lain

e) Lima nilai-nilai filosofis yang menjadi landasan berdirinya negara

Pembahasan:

Jawaban yang benar adalah e) Lima nilai-nilai filosofis yang menjadi landasan berdirinya negara. Pancasila merupakan dasar filosofis negara Indonesia yang terdiri dari lima nilai atau prinsip, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Pertanyaan 2: Apa yang dimaksud dengan sistem trias politica?

a) Sistem pemerintahan yang terdiri dari tiga cabang legislatif, eksekutif, dan yudikatif b) Sistem pemilihan presiden, wakil presiden, dan anggota legislatif

c) Sistem perwakilan dalam lembaga legislatif

d) Sistem peradilan yang berlaku di Indonesia

e) Sistem partai politik dalam pemilihan umum

Pembahasan 2:
Jawaban yang benar adalah a) Sistem pemerintahan yang terdiri dari tiga cabang legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Sistem trias politica merupakan konsep pemisahan kekuasaan dalam pemerintahan ke dalam tiga cabang yang independen, yaitu kekuasaan legislatif (yang membuat undang-undang), eksekutif (yang melaksanakan undang-undang), dan yudikatif (yang menegakkan hukum).

Pertanyaan 3 : Siapakah presiden pertama Republik Indonesia?

a) Soekarno

b) Hatta Rajasa

c) Joko Widodo

d) Soeharto

e) Megawati Soekarnoputri

Pembahasan 3:

Jawaban yang benar adalah a) Soekarno. Soekarno adalah presiden pertama Republik Indonesia yang menjabat dari tahun 1945 hingga 1967.

baca juga : guru les privat

Contoh Soal TWK CPNS II

les cpns online, bimbel cpns jakarta, les cpns, intensif cpns, bimbel cpns, les cpns jakarta, bimbel online cpns terbaik, bimbingan cpns, bimbel cpns online, bimbel online cpns, bimbel cpns terbaik
Sumber : Freepik

4. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memiliki berapa sila?

a) Empat

b) Lima

c) Enam

d) Tujuh

e) Dua

Jawaban: b) Lima Penjelasan: Pancasila memiliki lima sila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

5. Siapakah presiden pertama Republik Indonesia?

a) Soekarno

b) Megawati Soekarnoputri

c) Joko Widodo

d) Susilo Bambang Yudhoyono

e) Mohammad hatta

Jawaban: a) Soekarno Penjelasan: Soekarno adalah presiden pertama Republik Indonesia, menjabat dari tahun 1945 hingga 1967.

6. Apa arti dari Bhinneka Tunggal Ika?

a) Persatuan dalam Keberagaman

b) Persatuan dalam Kesatuan

c) Kebhinekaan dalam Persatuan

d) Kebersamaan dalam Perbedaan

e) Bersatu kita teguh, bercerai kita berantakan

jawaban: a) Persatuan dalam Keberagaman Penjelasan: Bhinneka Tunggal Ika adalah motto nasional Indonesia yang berarti “Persatuan dalam Keberagaman”. Ini menekankan pentingnya persatuan meskipun masyarakat Indonesia memiliki beragam budaya, suku, agama, dan bahasa.

baca juga : guru privat

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) III

les cpns online, bimbel cpns jakarta, les cpns, intensif cpns, bimbel cpns, les cpns jakarta, bimbel online cpns terbaik, bimbingan cpns, bimbel cpns online, bimbel online cpns, bimbel cpns terbaik
Sumber : Freepik

Pertanyaan 7:

Apa yang dimaksud dengan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia?

a. Pancasila adalah bendera nasional Indonesia.

b. Pancasila adalah kitab suci agama Islam.

c. Pancasila adalah ideologi dasar negara Indonesia.

d. Pancasila adalalah Undang-undang Indonesia

e. Pancasila adalah kelompok masyarakat adat di Indonesia.

Pembahasan: Jawaban yang benar adalah C. Pancasila adalah ideologi dasar negara Indonesia. Pancasila mengandung nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang menjadi landasan dalam pembentukan negara dan pemerintahan Indonesia.

Jawaban A salah karena Bendera Nasional Indonesia adalah Merah Putih. Jawaban B salah karena Pancasila bukan kitab suci agama apapun. Jawaban D salah karena Pancasila bukan kelompok masyarakat adat.

Pertanyaan 8:

Apa yang dimaksud dengan Pemerintahan Daerah?

a.     Pemerintahan yang dipimpin oleh presiden.

b.     Pemerintahan yang dipimpin oleh gubernur.

c.     Pemerintahan yang berpusat di ibu kota negara.

d.     Pemerintahan yang berpusat di kabupaten.

e.     Pemerintahan yang berpusat di daerah.

Pembahasan: Jawaban yang benar adalah B. Pemerintahan Daerah adalah pemerintahan yang dipimpin oleh gubernur di tingkat provinsi atau bupati/walikota di tingkat kabupaten/kota.

Jawaban A salah karena pemerintahan yang dipimpin oleh presiden disebut Pemerintahan Pusat. Jawaban C salah karena itu menggambarkan pemerintahan nasional. Jawaban D salah karena itu menggambarkan pemerintahan tingkat kabupaten.

Pertanyaan 9:

Apa yang dimaksud dengan Trisakti?

a.     Kebijakan pemerintah tentang tiga sektor utama ekonomi.

b.     Konsep ekonomi yang menekankan pada swasembada pangan.

c.     Prinsip dasar negara yang terdiri dari tiga sila.

d.     Konsep politik luar negeri Indonesia.

e.     Pedoman Bangsa Indonesia

Pembahasan: Jawaban yang benar adalah A. Trisakti adalah konsep yang diperkenalkan oleh Presiden Soekarno yang menekankan tiga sektor utama ekonomi: politik, ekonomi, dan sosial budaya.

Jawaban B salah karena Trisakti bukan hanya tentang swasembada pangan. Jawaban C salah karena itu mengacu pada Pancasila. Jawaban D salah karena itu tidak berkaitan dengan konsep Trisakti.

baca juga : biaya les rumahan

Contoh soal TWK IV

les cpns online, bimbel cpns jakarta, les cpns, intensif cpns, bimbel cpns, les cpns jakarta, bimbel online cpns terbaik, bimbingan cpns, bimbel cpns online, bimbel online cpns, bimbel cpns terbaik
Sumber : Freepik

10. Candi Borobudur adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang terkenal. Candi ini merupakan peninggalan dari…

a. Kerajaan Sriwijaya

b. Kerajaan Majapahit

c. Kerajaan Mataram Kuno

d. Kerajaan Kutai

e. Kerajaan Jawa

Pembahasan: Jawaban yang benar adalah b. Kerajaan Majapahit. Candi Borobudur merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit dan merupakan salah satu candi Buddha terbesar di dunia.

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 0896-2852-2526. Atau klik www.bimbel-cpns.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di Bimbel CPNS by Latiseducation

 

Referensi :

 

1. latisprivat.com

 

2. sudahbaca.com

 

les cpns online, bimbel cpns jakarta, les cpns, intensif cpns, bimbel cpns, les cpns jakarta, bimbel online cpns terbaik, bimbingan cpns, bimbel cpns online, bimbel online cpns, bimbel cpns terbaik

2 thoughts on “Soal – soal Test TWK CPNS 2023 Terlengkap, Beserta Pembahasannya”

Leave a Comment

Tim bimbel-cpns.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan bimbel CPNS Anda kepada tim kami.