kursus cpns terbaik online 2021

10 Tanya Jawab Seputar SSCASN

Bagi Anda yang belum pernah mengikuti tes CPNS, mungkin SSCASN masih terasa asing di telinga. Tidak hanya bagi pemula, bagi mereka yang sudah pernah mengikuti pun mempunyai beragam pertanyaan terkait yang belum terjawab.

Yuk kita bahas!

Apa Itu SSCASN?

Sistem Seleksi CPNS Nasional atau SSCASN merupakan situs pendaftaran CPNS resmi untuk seleksi staff CPNS bagi seluruh instansi baik Daerah maupun Pusat. Adapun Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia bertanggung jawab sebagai pengelolanya.

Siapa yang Bisa Mengikuti SSCASN?

Seleksi tersebut dapat diikuti oleh siapa saja yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Adapun ketentuan khusus nantinya diberlakukan oleh setiap formasi atau instansi yang dipilih.

Bagaimana Sistem Pendaftarannya?

Seluruh proses administrasi pendaftaran CPNS dilakukan melalui situs https://sscn.bkn.go.id. Setiap calon peserta hanya diperbolehkan untuk mendaftar satu jabatan saja. Pengisian identitas harus lengkap dan jelas sesuai dengan kartu identitas yang dimiliki.

Apabila NIK atau KK terdapat ketidak sesuaian, hubungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk mendapatkan perbaikan.

Ketentuan lain:

Terdapat beberapa ketentuan yang harus diperhatikan seperti:

  • Pendaftaran SSCASN hanya dapat dilakukan pada waktu yang telah ditentukan.
  • Pengisian nama tidak diikuti dengan gelar.
  • Instansi yang sudah dipilih tidak dapat dibatalkan.

Apa Saja Persyaratan SSCASN yang Harus Dipenuhi?

Untuk mendaftarkan diri sebagai calon peserta, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Penggunaan SKL tidak dibenarkan untuk mengikuti seleksi CPNS.
  • Pastikan ijazah yang diinput sesuai dengan syarat akreditasi yang telah diakui.
  • Persyaratan khusus ditentukan oleh instansi terkait yang dipilih.

Bagaimana Caranya Untuk Memperbaiki Data yang Sudah Diinput?

Perhatikan bahwa data yang dikirim tidak dapat diperbaiki. Itu artinya bahwa Anda harus berhati-hati dalam pengisian data sebelum menekan tombol “selesai”.

Akan tetapi, perbaikan data dapat dilakukan apabila Anda telah melewati proses pemberkasan penetapan NIP atau Nomor Induk Pegawai.

Apa Saja Ketentuan Dokumen yang Harus Diperhatikan?

Beberapa ketentuan yang harus diperhatikan terkait dokumen yang harus diunggah dan dibawa saat tes CPNS.

  • Dokumen yang dapat diunggah tidak boleh melebihi ukuran yang telah ditentukan.
  • Perhatikan tentang ketentuan format file yang diminta. Apakah file tersebut berbasis JPG atau PDF. Ukuran maksimal untuk JPG adalab 200 Kb dan 300 Kb untuk PDF.
  • Cek koneksi internet sebelum mengunggah dokumen atau foto. Pastikan Anda sudah menghapus riwayat pencarian dan lain sebagainya yang dapat mengganggu koneksi internet. Dokumen yang dilampirkan ditentukan oleh instansi yang dipilih.
  • Bawalah berkas yang diminta secara online dalam bentuk hardcopy ketika melaksanakan ujian.
  • Berhati-hati dalam mengunggah dokumen atau foto.  Jika terjadi kesalahan pengisian, data tersebut tidak dapat diunggah ulang.

Bagaimana Cara Mencetak Kartu Pendaftaran SSCASN?

Mencetak kartu dapat dilakukan setelah mengisi data secara lengkap. Jika terdapat ketidaksesuaian, bersihkan cache pada komputer untuk memuat ulang.

Apabila kartu pendaftaran hardcopy Anda hilang, kartu dapat dicetak ulang melalui situs SSCASN. Log in ke akun Anda dengan mengisi NIK dan password yang dimiliki.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Adanya Gangguan Koneksi?

Perlu diketahui bahwa sebelum melakukan pengisian data di situs SSCASN, pastikan koneksi internet Anda stabil. Bersihkan riwayat pencarian di browser dan hapus semua cache yang ada. Anda juga perlu memperhatikan waktu yang tepat di mana orang-orang tidak terlalu banyak mengakses laman tersebut.

Bagaimana Cara Login ke Situs SSCASN?

Perlu diketahui bahwa untuk bisa login ke halaman SSCASN, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Ikuti langkah-langkahnya dengan teliti. Gunakan password yang mudah diingat.

Jika Anda mengalami kesulitan login karena lupa password, Anda bisa mengatur ulang password dengan cara melakukan klik pada opsi “lupa password”. Lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Ingin Mengajukan Pengaduan?

Beberapa pengajuan dapat dilakukan dengan menelepon call center pada instansi yang dilamar. Anda juga bisa mengakses situs https://sscasn.bkn.go.id.

Anda juga mesti mengingat bahwa pendaftaran CPNS ini tidak dipungut biaya apapun. Berwaspadalah terhadap penipuan yang mengatasnamakan panitia BKN.

Akhir Kata

Itulah sepuluh pertanyaan yang sering dipertanyakan tentang SSCASN. Untuk info lebih lanjut terkait CPNS, Anda bisa mencari tahunya di sini. Temukan informasi yang Anda butuhkan hingga apa yang harus disiapkan untuk menjadi CPNS. Semoga beruntung!

Leave a Comment

Tim bimbel-cpns.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan bimbel CPNS Anda kepada tim kami.