kursus cpns terbaik online 2021

9 Syarat PPPK Guru 2022

 

 

 

 

 

Untuk kalian semua yang ingin ikut seleksi guru Aparatur Sipil Negara di tahun ini lewat jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK, ketahui terlebih dahulu apa saja syarat PPPK guru di tahun 2022.

Bagi kalian yang ingin mendaftar dan mengikuti program seleksi tersebut, syarat PPPK guru serta jadwal pembukaan pendaftarannya akan kami jelaskan berikut ini!

PPPK Guru untuk Seleksi Tahun 2022

syarat PPPK Guru
https://www.freepik.com/free-vector/student-back-school-teacher-student-classroom_23374834.htm?query=guru

Perekrutan guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK di tahun ini akan dibuka pada bulan September.

Kalian yang berprofesi sebagai seorang guru perlu mempersiapkan syarat PPPK guru di tahun ini sudah banyak informasi yang keluar dari pemerintah di mana pendaftaran seleksi calon Aparatur Sipil Negara akan segera dibuka.

Adapun syarat PPPK guru 2022 yang sudah diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia tercantum dalam peraturan nomor 20 tahun 2022.

Kalian harus tahu bahwa pendaftaran PPPK 2022 untuk jabatan profesional guru dibuka khusus untuk 3 kategori sebagai pelamar prioritas PPPK dan pelamar umum.

Untuk Pelamar Umum

  • Wajib terdaftar di dapodik.
  • Merupakan lulusan PPG yang sudah terdaftar di dalam database kelulusan PPG Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Untuk Pelamar Prioritas

Pelamar Prioritas 1

  • Guru tenaga honorer bekas kategori 2 atau THK-II.
  • Guru non asn.
  • Lulusan pendidikan profesi guru.
  • Guru swasta yang sudah memenuhi nilai ambang batas atau passing grade pada seleksi PPPK JF guru tahun 2021, tetapi masih belum mendapatkan formasi di dalam Aparatur Sipil Negara.

Pelamar Prioritas 2

  • Merupakan seorang THK-II.

Pelamar Prioritas 3

  • Guru non asn di sekolah negeri yang sudah terdaftar di dalam dapodik.
  • Minimal masa kerjanya selama 3 tahun.

Syarat PPPK Guru Tahun 2022

syarat PPPK Guru
https://www.pexels.com/photo/person-marking-check-on-opened-book-416322/

Jika kalian ingin lolos seleksi pendaftaran, terlebih dahulu persyaratan umum wajib sebelum mendaftar PPPK guru tahun ini.

Berikut syarat PPPK guru tahun 2022 yang harus kalian ketahui!

  • Wajib Warga Negara Indonesia terbukti atas kepemilikan KTP.
  • Tidak pernah melakukan tindak pidana dan masuk penjara.
  • Usia minimal 20 tahun dan maksimal 59 tahun.
  • Tidak pernah terlibat dalam politik praktis.

Baca juga: Contoh Soal Figural CPNS

  • Sehat secara jasmani maupun rohani.
  • Belum pernah mendapat status Pegawai Negeri Sipil, PPPK Prajurit Tentara Nasional Indonesia, dan anggota kepolisian.
  • Memiliki sertifikasi pendidikan sesuai dengan pemenuhan kualifikasi dengan jenjang paling rendah yaitu sarjana atau S1 atau Diploma 4 atau D4 sesuai persyaratan pendaftaran berlaku.
  • Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah negara kesatuan republik indonesia.
  • Memiliki surat keterangan berkelakuan baik dari pihak kepolisian.

Selain persyaratan yang sudah disebutkan di atas, bagi kalian para pelamar dengan penyandang disabilitas, terdapat beberapa syarat PPPK guru 2022 sebagai persyaratan tambahan yang perlu kalian lampirkan, antara lain:

  • Wajib melampirkan surat keterangan jenis beserta derajat ke-disabilitas-an yang berasal dari rumah sakit pemerintah atau dokter pemerintah atau puskesmas.
  • Menyertakan video durasi singkat yang menunjukkan kegiatan kalian sehari-hari sebagai pelamar disabilitas dengan tetap menjalankan tugas mendidik para siswa ataupun siswi.

Baca juga: Tunjangan Kinerja PNS atau ASN

  • Melakukan proses verifikasi data-data di mana panitia seleksi instansi daerah akan berkonsultasi bersama dokter spesialis kedokteran okupasi atau tim penguji kesehatan lainnya.
  • Semua persyaratan bagi pelamar disabilitas wajib diverifikasi oleh panitia seleksi instansi daerah.
  • Bagi pelamar dengan penyandang disabilitas rungu tidak bisa melamar PPPK guru Bahasa Indonesia atau PPPK guru Bahasa Inggris.
  • Bagi para pelamar penyandang disabilitas daksa tidak bisa melamar PPPK guru pendidikan jasmani olahraga serta kesehatan.
  • Sedangkan untuk teman-teman penyandang disabilitas netra tidak diperbolehkan melamar PPPK guru seni budaya dan keterampilan.

Kuota PPPK Guru Tahun 2022

syarat PPPK Guru
https://www.freepik.com/free-vector/student-back-school-teacher-student-classroom_23886397.htm?query=guru

Kalian semua harus tahu berdasarkan informasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau KemenPan-Rb telah menetapkan bahwa sebanyak 530.028 kebutuhan Aparatur Sipil Negara nasional di tahun ini (menurut data per 6 september 2022) sudah termasuk di dalamnya untuk kuota kebutuhan PPPK jabatan fungsional guru.

Jumlah tersebut adalah total dari penetapan kebutuhan kuota aparatur sipil negara yang terbagi kedalam beberapa instansi diantaranya:

  • Pemerintah pusat sebanyak 90.690 ASN.
  • Instansi daerah sebanyak 439.338 Aparatur Sipil Negara.

Baca juga: Les Privat Matematika

Kebutuhan bagi instansi daerah ini terperinci dan dibagi-bagi ke dalam beberapa kelompok diantaranya:

  • PPPK guru yaitu sebanyak 319.716 ASN.
  • Untuk tenaga kesehatan PPPK yaitu sebanyak 92.014 orang.
  • PPPK tenaga teknis yaitu sebanyak 27.608 Aparatur Sipil Negara.

Mekanisme Seleksi PPPK Guru Tahun 2022

Masih di dalam penjelasan informasi syarat PPPK guru 2022, kita akan membahas terkait mekanisme seleksi penerimaan ASN tahun ini.

Berdasarkan Dirjen guru dan tenaga kependidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menjelaskan bahwa para pelamar prioritas 2 dan pelamar prioritas 3 akan dilakukan penilaian sebanyak 3 mekanisme.

Seleksi kompetensi bagi para pelamar prioritas 1 nantinya akan menggunakan hasil seleksi yang pernah dilakukan pada tahun 2021.

Sedangkan untuk para pelamar prioritas 2 dan pelamar prioritas 3, nantinya mereka akan menerima seleksi penilaian kesesuaian sebagai mekanisme pertama berdasarkan kriteria berikut ini:

Baca juga: Tutor Private

  • Kualifikasi akademik
  • Kompetensi
  • Kinerja
  • Pemeriksaan latar belakang

Untuk tahapan mekanisme kedua akan dilakukan pertimbangan dimensi kompetensi profesional, pendagogik, kepribadian, serta sosial.

Sedangkan untuk mekanisme tahapan ketiga, dilakukan tes mempertimbangkan dimensi kompetensi teknis, sosial kultural, juga manajerial.

Jadwal Pendaftaran PPPK Guru Tahun 2022

syarat PPPK Guru
https://www.pexels.com/photo/calendar-dates-paper-schedule-273153/

Berdasarkan informasi yang sudah pernah dikeluarkan oleh pihak pemerintah, berikut ini jadwal pendaftaran PPPK guru untuk tahun 2022.

Tahapan pendaftaran Aparatur Sipil Negara atau ASN guru dimulai di minggu ke-3 hingga minggu ke-4 bulan september 2022.

Seleksi guru Aparatur Sipil Negara harus memenuhi syarat PPPK yang mana tahap ketiga akan berlangsung mulai minggu ketiga bulan november.

Pengumuman kelulusan akan dilaksanakan pada minggu ketiga hingga minggu ke-4 bulan desember tahun 2022.

Sekian penjelasan syarat PPPK guru tahun 2022 yang bisa kami sampaikan beserta jadwal yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah, meskipun hingga saat ini ternyata hanya pendaftaran resmi masih belum dibuka juga.

Baca juga: guru private matematika

Untuk itu, teman-teman yang masih belum ada persiapan matang, yuk gabung bersama kami di Bimbel CPNS terbaik di Indonesia!

Segera daftarkan diri kalian di bimbel CPNS terbaik spesialis les CPNS online dan kursus CPNS dengan ekstra fasilitator, harga kompetitif dan variatif, ada banyak promo, serta punya formula 3 kali lebih cepat dalam menyelesaikan soal-soal tes seleksi CPNS.

Jadi tunggu apalagi?

Hubungi kami di nomor 0896-2852-2526 atau hubungi head office bimbel CPNS di 021-7784-4897. Kami selalu ready setiap hari senin sampai jumat, mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Kunjungi juga kantor kami untuk informasi lebih lanjut di alamat:

Kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 Nomor 1, Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.

Sekian penjelasan dari kami, semoga berhasil dan kami tunggu kehadirannya!

 

 

Referensi:

https://www.suara.com/news/2022/10/06/131318/9-syarat-PPPK-guru-2022-dan-jadwal-pendaftarannya-simak.

Https://www.kompas.com/edu/read/2022/09/17/093700971/ini-syarat-pendaftaran-dan-kategori-pelamar-PPPK-guru-2022?page=all

 

 

 

2 thoughts on “9 Syarat PPPK Guru 2022”

Leave a Comment

Tim bimbel-cpns.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan bimbel CPNS Anda kepada tim kami.