CPNS Lulusan SMA Kerja Apa? Yuk Simak Artikel Berikut!

Halo Sahabat Bimbel CPNS!

 

CPNS lulusan SMA kerja apa? Setelah menyelesaikan pendidikan menengah atas, banyak siswa dihadapkan pada pertanyaan besar tentang langkah selanjutnya dalam karier mereka. Bagi sebagian, pilihan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) mungkin terlihat sebagai opsi menarik. Namun, seringkali ada kebingungan tentang jenis pekerjaan apa yang dapat diikuti oleh lulusan SMA ketika bergabung dengan layanan sipil.

Baca juga: bimbel sbmptn 

 

Peluang karier CPNS lulusan SMA

CPNS Lulusan SMA Kerja Apa? Yuk Simak Artikel Berikut!
CPNS Lulusan SMA Kerja Apa? Yuk Simak Artikel Berikut!

Sumber: Freepik

Mari kita telaah beberapa jalur karier yang dapat diambil oleh lulusan SMA yang ingin menjadi PNS:

1. Tenaga Administrasi

CPNS lulusan SMA kerja apa? Banyak instansi pemerintah membutuhkan tenaga administrasi untuk menjalankan operasi sehari-hari mereka. Sebagai seorang PNS di bidang ini, tugas Anda mungkin mencakup pengelolaan dokumen, penyusunan laporan, dan mendukung berbagai kegiatan administratif lainnya.

2. Tenaga Pendidikan

Bagi lulusan SMA yang memiliki minat dalam bidang pendidikan, menjadi guru atau tenaga pendidik di lembaga pemerintah bisa menjadi pilihan yang cocok. Pemerintah daerah maupun pusat mempekerjakan banyak guru dan tenaga pendidik untuk berbagai tingkat pendidikan, mulai dari TK hingga perguruan tinggi.

3. Tenaga Kesehatan

Bidang kesehatan juga menawarkan peluang bagi lulusan SMA yang ingin menjadi PNS. Mereka dapat bekerja sebagai petugas kesehatan masyarakat, petugas administrasi di rumah sakit atau puskesmas, atau dalam berbagai kapasitas lain yang mendukung sistem kesehatan pemerintah.

4. Tenaga Teknis

Pemerintah mempekerjakan banyak tenaga teknis di berbagai bidang, seperti teknisi listrik, teknisi komputer, teknisi sipil, dan lain-lain. Lulusan SMA yang memiliki keterampilan teknis yang diperlukan dapat mengambil peluang ini untuk berkarier sebagai PNS.

5. Tenaga Administrasi Keuangan

Instansi pemerintah juga membutuhkan tenaga administrasi yang terampil dalam mengelola keuangan dan anggaran mereka. Sebagai seorang PNS di bidang ini, tugas Anda mungkin meliputi pemantauan pengeluaran, penyusunan laporan keuangan, dan administrasi lain yang terkait dengan manajemen keuangan.

6. Tenaga Komunikasi dan Informasi

Pada era digital sekarang ini, penting untuk memiliki personel yang terampil dalam bidang komunikasi dan teknologi informasi. Sebagai seorang PNS di bidang ini, Anda mungkin bertanggung jawab atas manajemen situs web, media sosial, atau sistem informasi internal lainnya.

7. Tenaga Perencanaan dan Pengembangan

Pemerintah membutuhkan tenaga yang terampil dalam merencanakan dan mengembangkan berbagai program dan proyek. Sebagai seorang PNS di bidang ini, Anda akan terlibat dalam merancang kebijakan, mengkoordinasikan program-program pembangunan, dan mengevaluasi dampak dari kebijakan-kebijakan tersebut.

Baca juga: bimbel utbk 

 

Kementerian yang membuka lowongan CPNS SMA

CPNS Lulusan SMA Kerja Apa? Yuk Simak Artikel Berikut!

Sumber: Freepik

Berikut ini adalah beberapa kementerian yang seringkali membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA:

  • Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Kementerian yang bertanggung jawab atas pengembangan pendidikan, kebudayaan, serta penelitian dan teknologi ini seringkali membuka peluang bagi lulusan SMA untuk berbagai posisi administratif dan teknis.

  • Kementerian Kesehatan

Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan di seluruh wilayah Indonesia, Kementerian Kesehatan juga membuka kesempatan bagi lulusan SMA untuk mengisi berbagai posisi di bidang administrasi kesehatan.

  • Kementerian Sosial

Kementerian Sosial bertugas dalam mengelola program-program kesejahteraan sosial di Indonesia. Mereka seringkali membuka lowongan bagi lulusan SMA untuk posisi-posisi administratif dan operator program sosial.

  • Kementerian Lingkungan Hidup

Dalam rangka menjaga keberlanjutan lingkungan hidup dan kelestarian hutan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga membutuhkan tenaga-tenaga administratif yang berkualitas, termasuk lulusan SMA.

  • Kementerian Komunikasi dan Informatika

Dalam era digital seperti sekarang, Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki peran penting dalam mengatur dan mengembangkan infrastruktur teknologi informasi di Indonesia. Mereka juga membuka kesempatan bagi lulusan SMA untuk bergabung dalam berbagai posisi administratif.

  • Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Dalam mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, Kementerian ini seringkali membuka lowongan bagi lulusan SMA untuk posisi-posisi administratif serta sebagai operator turisme.

  • Kementerian Perdagangan

Kementerian Perdagangan juga membuka peluang bagi lulusan SMA untuk berbagai posisi administratif yang terkait dengan pengelolaan perdagangan dalam negeri dan luar negeri.

  • Kementerian Pertanian

Kementerian yang bertanggung jawab atas pengembangan sektor pertanian di Indonesia ini juga membuka kesempatan bagi lulusan SMA untuk berbagai posisi administratif di berbagai unit kerja di bawahnya.

Baca juga: les privat 

Syarat CPNS bagi lulusan SMA

CPNS Lulusan SMA Kerja Apa? Yuk Simak Artikel Berikut!

Sumber: Freepik

Di bawah ini adalah syarat-syarat CPNS bagi lulusan SMA yang perlu dipahami:

1. Pendidikan Minimal

Untuk menjadi CPNS, setiap calon harus memenuhi persyaratan pendidikan yang ditentukan oleh instansi yang membuka lowongan. Untuk lulusan SMA, biasanya persyaratan minimal adalah telah menyelesaikan pendidikan SMA atau sederajat dari jurusan apapun yang diakui oleh pemerintah.

2. Persyaratan Umum

  • Kewarganegaraan: Warga Negara Indonesia (WNI) adalah syarat mutlak untuk menjadi CPNS di Indonesia.
  • Usia: Biasanya, batas usia untuk mendaftar CPNS adalah antara 18 hingga 35 tahun. Namun, batasan usia ini dapat berbeda tergantung pada kebijakan dari instansi yang membuka lowongan.
  • Kesehatan Jasmani dan Rohani: Calon CPNS harus memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter yang berwenang.
  • Tidak Terlibat Narkoba: Calon CPNS harus menyerahkan surat pernyataan tidak terlibat penyalahgunaan narkoba.
  • Seleksi
    Setelah memenuhi syarat administratif, calon CPNS akan mengikuti serangkaian tahapan seleksi, termasuk ujian tertulis, wawancara, dan tes kesehatan. Hasil dari tahapan-tahapan seleksi tersebut akan menjadi penentu apakah seseorang diterima menjadi CPNS atau tidak.

Baca juga: les privat jakarta 

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) & Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

CPNS Lulusan SMA Kerja Apa? Yuk Simak Artikel Berikut!

Sumber: Freepik

 

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) merupakan tahapan pertama dalam seleksi CPNS yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Pada tahap ini, peserta diuji kemampuan dalam beberapa bidang kompetensi dasar yang meliputi:

  1. Tes Kemampuan Verbal: Tes ini bertujuan untuk mengukur pemahaman peserta terhadap bacaan, kemampuan dalam memahami teks, dan kemampuan verbal secara umum.
  2. Tes Kemampuan Numerik: Peserta diuji kemampuan dalam menjawab soal matematika yang berkaitan dengan operasi aritmatika dasar, aljabar, geometri, dan statistik.
  3. Tes Kemampuan Penalaran: Tes ini mengukur kemampuan peserta dalam menyelesaikan masalah-masalah logika, analitis, dan penalaran.
  4. Tes Wawasan Kebangsaan: Tes ini meliputi pengetahuan umum tentang sejarah, geografi, pancasila, sistem pemerintahan, dan budaya Indonesia.

 

Setelah lolos SKD, peserta yang memenuhi syarat akan melanjutkan ke tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Tahapan ini bertujuan untuk mengukur kemampuan dan pengetahuan peserta yang lebih spesifik terkait dengan bidang jabatan yang dilamar. Beberapa jenis tes yang mungkin dihadapi pada tahapan SKB antara lain:

  1. Tes Tulis: Tes tulis ini biasanya mencakup materi yang lebih mendalam sesuai dengan bidang jabatan yang dilamar. Misalnya, bagi lulusan SMA yang melamar jabatan di bidang administrasi, mereka mungkin diuji tentang prosedur administrasi, manajemen kepegawaian, dan peraturan-peraturan terkait.
  2. Studi Kasus atau Simulasi: Peserta mungkin diminta untuk menyelesaikan studi kasus atau simulasi situasi kerja yang mirip dengan tugas yang akan mereka hadapi jika diterima sebagai CPNS.
  3. Wawancara: Beberapa instansi juga melakukan wawancara sebagai bagian dari tahapan SKB untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang kemampuan dan motivasi peserta.

 

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon   (021) 77844897   atau kamu juga bisa menghubungi kami melalui   0896-2852-2526  . Klik   www.bimbel-cpns.id   untuk mendapatkan informasi lebih lanjut

Sampai ketemu di Bimbel CPNS

Referensi :

  1. kumparan.com
  2. tribunnews.com

Leave a Comment

Tim bimbel-cpns.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan bimbel CPNS Anda kepada tim kami.