Dijamin Lolos Seleksi PNS Pusat! Simak Tips Ampuh Berikut ini

Halo sahabat latis!

Tes seleksi pns pusat sudah di depan mata nih, sudah sejauh mana persiapan menghadapinya? Sudah belajar tapi masih mengalami kesulitan menyelesaikan soal? Sulit menemukan soal terupdate? Simak berbagai informasi mengenai seleksi pns berikut ini ya.

baca juga : guru les privat

Apa maksud pns pusat?

Dijamin Lolos Seleksi PNS Pusat! Simak Tips Ampuh Berikut ini
les cpns, bimbel cpns, les cpns jakarta, bimbel cpns terbaik, bimbel online cpns terbaik

Sumber: Freepik

Tentu banyak dari kamu yang bertanya-tanya, apa sih sebenarnya maksud pns itu? Pegawai negeri sipil pusat umumnya bertuga di ranah pemerintahan pusat. Selain itu, aktivitas sehari-harinya dibiayai langsung oleh anggaran belanja dan anggaran pendapatan negara atau yang dikenal apbn.

Pns pusat ini akan menjalin kerja sama dengan non departemen dan departemen, kepaniteraan pengadilan dan kesekretariatan lembaga tinggi negara. Untuk kategori pekerjaan di lingkungan pns pusat yaitu bekerja di perusahaan umum seperti pegadaian dan kereta api, hakim di pengadilan negeri dan pengadilan tinggi.

Tak hanya itu saja, jika kamu berhasil lolos menjadi pns pusat maka kamu akan mengisi jabatan yang lumayan tinggi seperti kepala biro, posisi staff ahli, direktur jenderal dan sekretaris jenderal. Bila kamu berpikir jika pns akan bekerja di jakarta dan berbagai kota besar tentu kurang tepat. Pasalnya, kamu yang bekerja sebagai pns pusat akan mempunyai cakupan wilayah kerja yang lebih luas yaitu di seluruh daerah di indonesia. Bahkan, kamu bisa bekerja sebagai pns yang diperbantukan dan dipekerjakan di daerah otonom.

Para pns ini terkenal sebagai instansi vertikal yakni semua kewenangan yang dipunya pns pusat tidak sembarangan bisa diambil alih oleh pemerintah daerah tanpa ada peraturan khusus yang mengaturnya.

baca juga : biaya les privat

Sistem seleksi pns pusat

Dijamin Lolos Seleksi PNS Pusat! Simak Tips Ampuh Berikut ini
les cpns, bimbel cpns, les cpns jakarta, bimbel cpns terbaik, bimbel online cpns terbaik

Sumber: Freepik

Untuk proses seleksi dan pendaftaran cpns tahun ini, kembali mencuat bahwa pemerintah lewat kemenpan rb akan membuka jalur pppk, sekolah kedinasan dan cpns. Untuk arah kebijakan atau peraturan yang paling terupdate difokuskan pada rekruitmen yang terfokus pada pelayanan dasar, memberikan peluang kesempatan bagi calon peserta yang mempunyai keahlian dalam bidang digital, rekruitmen diadakan lebih selektif dan adanya pengurangan formasi karena terdampak kemajuan di bidang teknologi.

baca juga : harga les privat

Formasi pns pusat

Dijamin Lolos Seleksi PNS Pusat! Simak Tips Ampuh Berikut ini
les cpns, bimbel cpns, les cpns jakarta, bimbel cpns terbaik, bimbel online cpns terbaik

Sumber: Freepik

Untuk tahun ini, tes seleksi cpns akan segera diadakan. Pemerintah telah merilis atau menyampaikan berbagi jenis formasi yang akan dibuka, salah satunya tentu pns. Jumlah dari keseluruhan kebutuhan calon pegawai negeri sipil sebanyak 1.275. 384, formasi dengan jumlah formasi pns pusat yaitu sebanyak 83.669 yang terdiri dari 15 kategori bidang yang dibuka seperti berikut:

  1. Penyuluhan kn
  2. Penjaga tahanan
  3. Dosen
  4. Perawat
  5. Pemeriksa
  6. Analisis perkara peradilan
  7. Jaksa
  8. Statistisi
  9. Analisis hukum pertahanan
  10. Dokter
  11. Pranata barang bukti
  12. Pengawas farmasi dan makanan
  13. Pranata computer
  14. Perencanaan
  15. Penyuluhan perikanan

Jika kamu tertarik dan ingin menjadi pns, tentu harus mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari. Sebab, kamu harus bersaing dengan jutaan peserta lainnya yang juga mengincar posisi tersebut. Semua persiapan itu harus kamu mulai dan terus diperbarui. Kamu harus selalu update segala informasi tentang pns pusat, mulai dari seleksi pemberkasan dan persiapkan dirimu sebaik mungkin untuk menghadapi berbagai jenis soal.

Sedangkan untuk kamu yang tertarik dengan formasi di daerah atau pns di instansi pemerintah daerah atau pemda tentu tidak masalah. Namun, untuk posisi ini kamu harus siap untuk menerima penempatan kerja di bawah pemerintah daerah. Lalu, untuk sumber gaji dan juga pendapatan akan berasal dari apbd. Selanjutnya, ruang lingkup penempatan tempat kerja akan berada di daerah pemda yang telah dipilih.

baca juga : guru privat

Kebijakan sebagai pns pusat

Dijamin Lolos Seleksi PNS Pusat! Simak Tips Ampuh Berikut ini
les cpns, bimbel cpns, les cpns jakarta, bimbel cpns terbaik, bimbel online cpns terbaik

Sumber: Freepik

  1. Siap ditempatkan di seluruh daerah indonesia
  2. Mendapat peluang kesempatan untuk bisa mutase antar daerah atau pulau dengan waktu singkat
  3. Sumber pendapatan dan gaji berasal dari apbn

‍Benefit menjadi pns pusat

  1. Peraturan yang berlaku

Benefit yang bisa kamu dapatkan saat menjadi pns yang pertama adalah kamu bisa merasakan kebijakan yang cukup menguntungkan. Kebijakan yang ditetapkan untuk pns biasanya akan berlaku dalam cakupan area yang cukup luas di seluruh wilayah indonesia. Contohnya saja dalam kebijakan hari libur, jam kerja, libur nasional dan perayaan hari besar lainnya.

  1. Penghasilan atau gaji pokok dan tunjangan yang besar

Sudah bukan rahasia umum lagi bila penghasilan dan gaji pokok pns ini dipimpin langsung oleh kementerian atau lembaga. Maka dari itu, penghasilan pns pun akan mendapat penghasilan yang lebih besar.

Tak hanya itu saja, pns tak cuma mendapat gaji yang besar namun akan memperoleh banyak tunjangan juga. Tak heran bila pns pusat kerap dianggap sebagai pekerjaan idaman bagi banyak peserta yang ikut seleksi tes cpns. Tunjangan yang ditawarkan saat kamu menjadi pns pun sangat banyak macamnya. Umumnya, pns bisa memperoleh tunjangan makan sampai tunjangan kinerja, tunjangan-tunjangan ini tentunya lumayan besar.

  1. ‍Pola mutasi yang luas

Saat kamu sudah lolos tes seleksi pns pusat, maka kamu akan mendapat kesempatan agar bisa merasakan peluang kerja di semua wilayah yang ada di indonesia selama masih ada dalam satuan unit kerjanya. Hal itu dikarenakan pns pusat memiliki lingkup kerja yang sangat luas. Sehingga, untuk pola mutasi yang ditawarkan bisa di daerah mana saja.

Biar kamu makin memahami dengan jenis pola mutase, coba perhatikan contoh berikut. Contohnya saja, kamu merupakan pegawai yang bertugas di badan pusat statistik di medan, kamu boleh mengajukan mutase atau dimutasikan ke semarang asalkan masih berada di lingkup pusat statistik.

  1. Kesempatan menjadi abdi negara

Seperti kata banyak orang, menjadi abdi negara adalah menantu idaman para mertua. Nah, menjadi pegawai negeri sipil tentu akan membuka peluang untukmu menjadi abdi negara. Tentu saja hal ini menjadi benefit tersendiri apalagi jika menjadi pns pusat. Sebab, secara langsung kamu masuk ke dalam sistem pemerintahan pusat.

  1. Resiko phk yang kecil

‍Terakhir, saat kamu menjadi pns maka peluang untuk dipecat atau di phk kecil. Pemecatan bukan menjadi momok bagi pns pusat ini. Resiko pemecatan di ranah pns terbilang rendah. Biasanya, bila ada pemecatan dikarenakan adanya pelanggaran berat yang dilakukan oleh pns  itu sendiri.

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 089628522526. Ate klik www.bimbel-cpns.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di bimbel-cpns.id

 

Referensi :

 

1. latisprivat.com

 

2. kompas.com

0 thoughts on “Dijamin Lolos Seleksi PNS Pusat! Simak Tips Ampuh Berikut ini”

Leave a Comment

Tim bimbel-cpns.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan bimbel CPNS Anda kepada tim kami.