kursus cpns terbaik online 2021

Kenali Soal-Soal Tes CPNS

Tes CPNS begitu menegangkan. Belum saja tiba masa tes berlangsung, para calon pelamar sudah seperti kebakaran jenggot.

Seperti apa sebenarnya tesnya?

Tes CPNS Memuat Tiga Aspek

Tes CPNS

Ada tiga tes dalam CPNS. Mereka adalah:

– TIU (Tes Intelegensi Umum)

– TKP (Tes Karakteristik Pribadi)

– TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)

Apa saja yang perlu kita pelajari dari ketiga jenis tes tersebut?

1. Tes CPNS TKP

Pada ted ini kita akan diminta untuk menjawab soal-soal yang terkait dengan emosi. Semakin stabil kita dalam hal mengendalikan diri, maka semakin baik hasilnya.

Ketika mengerjakan soal TKP, baca pertanyaan terlebih dahulu, baru kemudian pernyataan. Jangan terbalik ya! Cari kata kunci dari pernyataan dan hubungkan dengan opsi jawaban yang ada. Kita diminta untuk disiplin dan bekerja keras terhadap segala hal.

2. Tes Wawasan Kebangsaan

Jika kita termasuk ke dalam golongan yang kurang senang dengan pelajaran menghafal saat di bangku sekolah, maka kita perlu bekerja keras.

Namanya saja tes kebangsaan. Sudah bisa dibayangkan seperti apa soal-soalnya. Pertanyaan yang ditampilkan berhubungan dengan bahasa, UUD 1945, Bhinneka tunggal Ika, dan hal-hal terkait sejarah bangsa ini.

Intinya jangan malas menghafal dan mengulang-ulang pembelajaran kewarganegaraan.

3. Tes intelegensi umum (TIU)

Ada 3 kemampuan yang harus dikuasai untuk mengerjakan soal TIU, yaitu kemampuan verbal, numerik, dan figural. Tips agar lancar mengerjakan soal ini adalah banyak latihan mengerjakan beragam soal TIU. Karena semakin banyak latihan soal, maka akan semakin banyak rumus-rumus yang bisa kita kuasai.

Sebenarnya masih ada tes lain yang perlu kita ikuti sesuai dengan bidang yang dituju masing-masing. Tes tersebut adalah Seleksi Kompetensi Bidang. Di tes ini, kita akan diberikan banyak pertanyaan seputar bidang yang akan kamu geluti dan bidang lain seperti soal-soal potensi akademik dan TOEFL.

Sebelum tes sebaiknya jangan terlalu terburu-buru untuk mengumpulkan berkas maupun menyiapkan lainnya. Pastikan dulu dengan yakin dan mantap mengenai bidang yang kita inginkan. Ada banyak lowongan untuk lulusan tertentu sehingga dari sekian banyaknya posisi yang ditawarkan, kita harus mampu membuat pilihan dengan yakin.

Bisa karena terbiasa. Kita harus terus menerus menanamkan konsep ini. Dengan demikian kita tidak akan kaget dalam menghadapi soal-soal tes masuk CPNS.

Kini ada banyak cara untuk mengetahui apakah nilai kita telah lolos atau belum. Fitur-fitur berupa try out CPNS hingga bimbel CPNS bertebaran dimana-mana untuk membantu kita.

Jangan lupakan urutan pengerjaan soal yang benar. Apabila merasa soal tersebut sulit, tinggalkan dan kerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu. Setlah itu, pastikan juga kita mengetahui waktu pengerjaan soal. Estimasi waktu akan menjadi hal yang penting dalam hal ini.

Dengan demikian kita tidak akan kekurangan waktu. Pastikan juga untuk berdoa karena doa merupakan unsur penting yang menenangkan sisi psikis kita. Jadi sama halnya dengan hardskill dan softskill, kedua hal baik fisik dan kondisi psikis juga haruslah nyaman.

Nah, itu dia pembahasan Kenali Soal-Soal Tes CPNS. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

 

Hubungi kami di 089628522526 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. bimbel-cpns.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

 

 

 

Leave a Comment

Tim bimbel-cpns.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan bimbel CPNS Anda kepada tim kami.