Sistem Seleksi CPNS Nasional

Sistem seleksi CPNS nasional terdiri atas beberapa tahapan. Jika kalian lolos di tahapan pertama, janganlah cepat berpuas diri. Simak tahapan-tahapan yang perlu kalian ketahui di sini:

Sistem Seleksi CPNS Nasional Terdiri Atas Tiga Tahapan

Sama halnya ketika kalian hendak mendaftar perlombaan ataupun perkuliahan, semua harus dimulai dari proses pendaftaran. Kunjungi situs resmi CPNS dan mulailah membuat akun. Isi data diri lengkap dan lengkapi sesuai prosedur dan ketentuan yang dijelaskan. Jangan lupa menyiapkan segala berkas yang dibutuhkan dan mulailah menelaah kembali apakah semua berkas telah sesuai atau belum. Jika sudah, bersiaplah untuk memasuki seleksi pertama.

a. Seleksi Administrasi

Apa yang terjadi pada tahap seleksi ini dimulai dari panitia yang memverifikasi data para pelamar. Dalam jangka waktu yang ditentukan, panitia kan mengumumkan hasil seleksi. Bagi para pelamar yang tidak lulus seleksi, kalian dapat menyanggah hasil seleksi administrasi tersebut hingga jangka waktu yang diberikan.

Selanjutnya panitia akan mengumumkan masa sanggah dan para peserta yang telah lulus dapat mencetak kartu ujian.

b. Seleksi Kompetensi Dasar

Selamat bagi kalian yang telah lulus pada tahap kompetensi dasar. Bersiaplah untuk melakukan ujian seleksi kompetensi dasar pada waktu yang telah ditentukan. Jangan lupa untuk mempersiapkannya sedini mungkin dan nantikan hingga hasil seleksi muncul. Sama halnya dengan seleksi administrasi, siapapun yang tidak lulus masih memiliki kesempatan untuk melakukan sanggahan.

Nantikan hingga panitia mengumumkan masa sanggah. Jika kalian termasuk kelompok yang lolos, maka bersiaplah untuk mengikuti tahap seleksi Kompetensi bidang. Bersiaplah untuk mempelajari 110 soal yang terbagi atas tiga materi yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 30 soal, Tes Intelegensi Umum (TIU) sebanyak 35 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebanyak 45 soal.

Sebaiknya kalian juga mulai mengkalkulasi waktu untuk mengerjakan soal-soal tersebut.

c. Seleksi Kompetensi Bidang

Inilah rangkaian seleksi terakhir dalam CPNS. Kalian diharapkan kompeten dengan bidang yang dilamar. Dengan demikian maka untuk seleksi terakhir ini kalian akan diminta menjawab soal-soal  yang berhubungan dengan posisi yang dilamar.

Alur yang perlu dilakukan adalah kalian melakukan ujian sesuai waktu yang ditentukan masing-masing instansi sesuai yang dilamar, lalu kalian harus menunggu pengumuman hasil kelulusan. Selamat! Jika kalian lulus maka bersiaplah menjadi PNS. Namun bagi kalian yang tidak lulus pun sebenarnya kalian masih memiliki peluang yaitu dengan melakukan sanggahan yang kemudian juga diperlukan waktu untuk menunggu hasil pengumumannya.

Serangkaian demi serangkaian tes CPNS memang harus dilalui. Kalian haruslah memperhatikan segala hal dengan seksama mulai dari rangkaian soal yang akan dipertanyakan, terkait apa saja yang perlu dipersiapkan pada masa sanggah jika memang kalian belum lulus, dan masih banyak lagi hal-hal lainnya. Untuk itu ada baiknya mencari tempat yang tepat untuk menangani segala permasalahan terkait CPNS. Dengan demikian apapun permasalahan kalian terkait persiapan soal CPNS akan ditangani bersama dengan ahlinya. Mengikuti bimbel dapat membantu kalian dalam memperbaiki kemampuan belajar kalian.

Nah, itu dia Sistem Seleksi Tes CPNS Nasional.  Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 089628522526 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. bimbel-cpns.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Leave a Comment

Tim bimbel-cpns.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan bimbel CPNS Anda kepada tim kami.