Tips Lolos Tes SKB: Tidak Perlu Begadang Tiap Malam

Tips lolos tes SKB ala Latis memang tidak akan membuat kalian harus begadang setiap hari. Tenang saja dan simak ulasan lengkapnya di sini!

Tips Lolos Tes SKB adalah Dengan Mengenali dan Mempelajari Jenis Ujian

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai bobot nilai dan apa saja yang perlu dipersiapkan demi mengjadapi Tes SKB. Apa yang kalian perlu ingat adalah mengenai instansi yang ingin kalian lamar. Bahkan jenis tesnya pun perlu kalian cermati.

Menurut Kemenpan RB Nomor 36, 2018, dijelaskan bahwa tes SKB terdiri dari 8 jenis tes dalam pemilihan kompetisi lapangan, seperti tes berbantuan komputer (CAT), bukti kemungkinan akademisi, tes praktik kerja, pengujian bahasa asing, tes fisik, tes psikologis, tes kesehatan mental dan wawancara.

Mari jabarkan satu per satu:

– Tes berbantuan komputer (CAT) dapat kita pelajari dengan mengikuti berbagai try out CPNS. Dari sinilah kalian akan terbiasa dalam mengelola waktu agar dapat mengatasi segala permasalahan yang ada termasuk teknis permasalahan komputer. Tidak hanya itu, kalian juga akan terbiasa memulai dengan mengerjakan soal-soal yang lebih mudah terlebih dahulu.

– Kemungkinan akademisi

Salah satu pembuktiannya adalah dengan melampirkan ijazah serta lembar penilaian dalam ijazah.

– Tes praktik kerja

Setiap instansi akan memiliki rangkaiannya tersendiri. Dengan demikian ada baiknya kalian mempelajari kisi-kisi agar dapat lolos di bagian ini.

– Tes psikis dan kejiwaan

Dengan mengunjungi psikolog, kalian akan dapat mengantisipasi tes ini dengan baik. Satu hal lagi pastikan jika kalian juga mempelajari soal-soal terkait psikologi.

– Tes bahasa asing

Cukup menguras kantong, kalian harus melakukan tes TOEFL atau ITP tergantung dari kewenangan masing-masing instansi.

– Tes fisik

Pastikan kesehatan kalian tidak terganggu saat tes berlangsung. Biasanya kalian akan diminta untuk mengikuti tes di puskesmas terdekat.

– Wawancara

Untuk ini kalian harus memperlajari bagaimana gesture tubuh yang baik hingga jawaban yang sesuai agar dapat lolos dalam tes wawancara.

Pahami Posisi Jabatan

Tips lolos SKB berikutnya ialah memahami posisi jabatan yang diterapkan. Pelatihan atau posisi CPNS dibagi menjadi dua yakni posisi fungsional tertentu (JFT) dan posisi implementasi (JP), secara umum.

Jika kalian telah memahami definisi keduanya, maka kalian akan paham apakah kalian termasuk dalam posisi fungsional tertentu atau justru implementasi. Mereka yang masuk posisi JP misalnya adalah pejabat teknologi komputer, dinas kebakaran, serta hubungan masyarakat dan analis protokol. Sementara JFT adalah teknisi penerbangan, dokter dan guru.

Usahakan kalian jangan terlambat dan datang sesuai jadwal. Agar tidak terburu-buru, sebaiknya datang 60 menit sebelum ujian ddimulai. Sebab, sebelum dimulai biasanya petugas membutuhkan waktu untuk pemeriksaan dokumen, pengaturan tempat duduk peserta dan memastikan sistem CAT berjalan normal.

Ada cara yang lebih praktis daripada kalian harus repot-repot mempelajari satu demi satu materi yang muncul. Caranya adalah dengan mengikuti bimbel CPNS. Tidak perlu repot-repot mencari lokasi try out karena semua telah tersedia dengan sangat rinci. Hal yang tak kalah penting adalah kalian dapat fokus mengikuti satu per satu tes yang diperlukan tanpa perlu terganggu dengan lingkungan yang mungkin akan mengganggu dengan isu-isu yang belum tentu benar. Apalagi kalian juga tidak perlu khawatir tidak lolos karena biasanya akan mendapatkan garansi dari itu.

Nah, itu dia tips lolos tes SKB. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 089628522526 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. bimbel-cpns.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

 

0 thoughts on “Tips Lolos Tes SKB: Tidak Perlu Begadang Tiap Malam”

Leave a Comment

Tim bimbel-cpns.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan bimbel CPNS Anda kepada tim kami.